Jumat, 01 Desember 2017

The Internet: Encryption & Public Keys




Ulasan yang pertama saya ambil dari video youtube yang berjudul The Internet: Encryption & Public Keys berdurasi 6 menit 39 detik. Video ini diunggah pada tanggal 21 Agustus 2015 oleh Code.org. Dalam video ini Mia Epner, yang bekerja pada keamanan untuk badan intelijen nasional AS, menjelaskan bagaimana kriptografi memungkinkan transfer data secara aman. Video pendidikan ini menjelaskan enkripsi 256 bit, kunci publik dan pribadi, SSL & TLS dan HTTPS.

Mia menjelaskan internet yang faktanya adalah sistem terbuka, tetapi rata-rata pengguna masih melakukan banyak pertukaran data (pesan) yang sifatnya private. Untuk menjaga data tersebut tetap private maka dilakukanlah sebuat metode bernama enkripsi. Mudahnya, enkripsi adalah mengacak atau mengganti semua data-data/pesan tersebut agar dapat disembunyikan dari pesan yang asli. Sedangkan dekripsi adalah metode untuk dapat membuat pesan acak tersebut dapat dibaca. Enkripsi dan Dekripsi yang pertama kali digunakan adalah Caesar Cipher Algorithm dimana, sebuah pesan hanya akan dapat dibaca ketika key hanya diketahui oleh sender dan receiver dengan cara menggeser alphabet/pesan asli dengan nomor key yang telah diketahui keduanya. Untuk menjaga seluruh data tersebut pada jaman digital sekarang, dilakukan 256 bit keys enkripsi agar pesan terjaga dan terproteksi dari cybercrime sehingga mereka harus mencoba banyak kemungkinan,

Nyatanya, 256 bit keys tidak cukup, ditemukanlah Symmetric key encryption dimana sender dan receiver menggunakan key yang sama untuk melakukan enkripsi data dan dekripsi data yang juga harus disetujui diwaktu yang sama oleh kedua belah pihak secara private. Tidak lupa, kita tahu bahwa internet adalah sistem yang terbuka dan public yang tidak memungkinkan kedua belah pihak tadi akan "online" /bertemu secara bersamaan tiap waktu. Oleh karena itu, ada metode bernama Asymmetric key encryption dimana public key dapat diberikan kepada siapa saja tetapi private key tidak. Public key tadi dapat digunakan oleh siapa saja untuk enkripsi pesan dan private key hanya akan dapat digunakan oleh siapa yang mendapatkan akses untuk mendekripsi pesan. Public key tadi adalah sebuah fondasi dalam internet yang termasuk di dalamnya Security protocols bernama SSL (Secure Socket Layer) dan TLS (Transport Layer Security) bertugas melindungi kita dalam menjelajahi internet yang dapat kita lihat pada pojok kiri atas halaman web browser berupa tanda gembok dan HTTPS yang artinya juga kita telah menggunakan public key untuk bertukar data secara aman di web.


Menurut pendapat saya, video ini dapat mudah mengerti dengan jelas dan menggambarkan kita arti yang jelas mengenai Public Key dan Private Key. Video tersebut juga terdapat banyak visualisasi yang dapat memudahkan kita mengerti lebih dalam mengenai enkripsi dan dekripsi. Enkripsi dan dekripsi ini berguna di jaman sekarang agar seluruh data kita aman dan kita juga lebih yakin untuk bertukar data di dunia maya. Oleh karena komputer terus berkembang, dikedepannya kita dapat bisa menemukan cara baru untuk melakukan enkripsi dan dekripsi.



GITHUB Account: bimanugraha
URL Ulasan: http://bmnugraha.blogspot.co.id/2017/12/the-internet-encryption-public-keys.html
URL Youtube: https://youtu.be/ZghMPWGXexs
Pemetaan: Week02
Revisi Pertama: 1 Desember 2017
Revisi Terahir: 1 Desember 2017



Share:

0 komentar:

Posting Komentar